GUEST LECTURE UPSI MALAYSIA

.

Jangan menjadi katak dalam tempurung…

Bisa jadi perumpamaan di atas mewakili semangat belajar mahasiswa Penelitian dan Evaluasi Pendidikan pada keikutsertaannya dalam kuliah umum dengan tema “Penilaian dan Evaluasi”, yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018. Perumpamaan di atas dipakai bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan kuliah umum tersebut diberikan oleh Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein, seorang dosen profesional di bidang penilaian dan evaluasi Fakulti Pembangunan Manusia (FPM) Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI). Universitas tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi Malaysia yang menyelenggarakan program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Oleh karena itu, dengan dihadirkannya Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein, tentunya mahasiswa PEP UNY akan memperoleh pengetahuan dan gambaran terkait prodi PEP di Malaysia. Hal ini tentu memberikan manfaat besar pada pengembangan diri mahasiswa PEP UNY.

Kuliah umum dibuka oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran selaku Kaprodi PEP UNY dan turut serta dihadiri oleh dosen-dosen PEP UNY. Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein mengawali perkuliahan dengan memperkenalkan Prodi Penelitian dan Evaluasi FPM UPSI kepada peserta kuliah umum. Pada kesempatan kali ini, peserta kuliah umum diberikan gambaran mengenai program studi penelitian dan evaluasi di FPM UPSI, di antaranya tentang masa studi mahasiswa, kredit semester yang harus ditempuh oleh mahasiswa, dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa Malaysia dalam menyelesaikan studinya.

Selanjutnya, Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein menyampaikan salah satu hasil penelitiannya di Malaysia, yaitu tentang pengembangan instrumen musik. Artikel yang dipaparkan oleh beliau adalah artikel yang masuk dalam salah satu jurnal terindeks scopus. Animo mahasiswa terkait penelitian yang disampaikan sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa selepas Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein selesai memaparkan hasil penelitiannya tersebut. Setelah diskusi selesai, kuliah umum ditutup oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran dengan harapan kegiatan ini dpaat bermanfaat dan menambah wawasan mahasiswa Prodi PEP.

(Wulan-Mahasiswa PEP)