Kuliah Umum "Designing & Developing Educational Research Studies" Bersama Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Mohd Ayub

Ilmu itu bagai lautan dan tak akan ada yang mengenalnya kecuali merasakannya…

Bisa jadi perumpamaan di atas mewakili semangat belajar mahasiswa Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) pada keikutsertaannya dalam kuliah umum dengan tema “Designing & Developing Educational Research Studies” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Mohd Ayub dari University Putra Malaya (UPM). Kuliah umum dilaksanakan pada Kamis tanggal 15 November 2018 di Aula Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Yogayakarta (UNY). Kegiatan ini menyedot antusiasme mahasiswa PEP, dikarenakan narasumber dan tema perkuliahan umum ini sangat familiar bagi mahasiswa.

Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Mohd Ayub merupakan seorang dosen profesional bidang penelitian di UPM. Tidak berhenti di situ, tema perkuliahan umum pagi itu pun menambah antusiasme mahasiswa, yaitu berkaitan dengan desain dan pengembangan penelitian.

Kegiatan perkuliahan umum dipandu oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd. selaku Kaprodi PEP UNY, dan dibuka oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A selaku Direktur Pascasarjana UNY. Selain mahasiswa PEP, kegiatan perkuliahan umum turut serta dihadiri oleh dosen-dosen PEP UNY. Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Mohd Ayub menyampaikan materi perkuliahan dengan melibatkan interaksi mahasiswa. Metode perkuliahan ini tentunya menghidupkan kuliah umum yang diselenggarakan pagi itu.

Kegiatan perkuliahan dilanjutkan dengan penyampaian materi pokok tentang prosedur dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Mohd Ayub menyampaikan teori umum dan gambaran praktik dalam kegiatan pengembangan desain penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Penyampaian materi perkuliahan diiringi dengan pemberian contoh-contoh yang sangat dekat dengan kehidupan, sehingga peserta perkuliahan umum antusias mengikuti kegiatan pagi itu hingga selesai.

Kuliah umum diiringi dengan diskusi dan bincang-bincang oleh seluruh peserta kuliah bersama Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Mohd Ayub. Setelah seluruh kegiatan selesai, kulah umum ditutup oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran.

Indonesian