Kunjungan PEP UNNES ke PEP UNY

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan merupakan prodi yang menaungi asesmen (penilaian), penelitian, dan evaluasi di bidang pendidikan. Kemajuan suatu program studi dapat dicapai dengan cara menjalin kerja sama dengan universitas lain yang mempunyai program studi yang sama. Pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Semarang (PEP UNNES) melakukan kunjungan ke  Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (PEP UNY). Rombongan terdiri atas 19 orang mahasiswa dan satu orang dosen pendamping. Kunjungan PEP UNNES ke PEP UNY merupakan kali keenam sejak tahun 2010. Tujuan dari kegiatan kunjungan ini adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan mahasiswa, mengembangkan wawasan dan pemahaman tentang penelitian dan evaluasi di bidang pendidikan, serta mempererat tali silaturahmi antara PEP UNNES dengan PEP UNY.

Rombongan kunjungan PEP UNNES disambut langsung oleh Sekretaris Program Studi PEP UNY yaitu Prof. Dr. Badrun Kartowagiran sekaligus mengisi acara kuliah umum tentang Evaluasi Pendidikan. Dalam acara kuliah umum ini, terdapat sesi diskusi dimana mahasiswa PEP UNNES mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait pengukuran dan evaluasi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sharing prodi. Dr. Wahyu selaku dosen pendamping dari PEP UNNES membuka pembicaraan yang kemudian ditanggapi oleh Prof. Badrun. Kegiatan sharing ini berisi diskusi terkait pengembangan Prodi PEP, penelitian dan pengabdian yang sudah dilakukan, jurnal-jurnal pendidikan, dan kerjasama antar institusi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing mahasiswa. Dalam kegiatan ini perwakilan mahasiswa PEP UNY bersama mahasiswa UNNES beriskusi dan saling berbagi pengalaman tentang perkuliahan, studi laboratorium, penelitian, jurnal, dan penulisan tesis. Setelah sharing selesai maka tepat pukul 12.00 WIB acara kunjungan PEP UNNES di PEP UNY ditutup. Kedua belah pihak berharap agar kerja sama antara PEP UNNES dengan PEP UNY terus terjalin dengan baik di masa yang akan datang. (Yola & Eka)