You are here

Prodi PEP PPs UNY Berhasil Pertahankan Akreditasi A

Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mempertahankan akreditasi A yang telah diraihnya sejak tahun 2011. Pada visitasi akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 21 Desember 2015 yang lalu, prodi PEP akhirnya dinyatakan berhasil meraih akreditasi A. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT nomor 0004/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2016 yang baru saja turun pada pertengahan Januari 2016 ini. Predikat ini berlaku hingga Januari 2021. Akreditasi A yang berhasil dipertahankan ini pun semakin menunjukkan kesiapan PEP PPs UNY untuk bisa menjadi program studi yang unggul dalam penerapan dan pengembangan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan di tingkat Asia Tenggara.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Program Studi PEP, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. Menurutnya, visi dari prodi PEP  adalah unggul dalam penerapan dan pengembangan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan di tingkat Asia Tenggara. Oleh karena itu, PEP juga telah menjalin dan memperkuat kerjasama dengan universitas di Asia Tenggara, seperti Burapha University (BUU) Thailand. “Kami telah  melakukan kerjasama untuk penerbitan jurnal bersama antara jurnal tentang educational research, measurement, and statistics yang bertaraf internasional milik BUU dengan jurnal HEPI yang kami miliki,”ungkapnya. Upaya prodi menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri ini rupanya membuahkan hasil yang menggembirakan, karena akreditasi A tersebut berhasil dipertahankan.

Tidak ketinggalan, sekprodi PEP, Prof. Dr. Badrun Kartowagiran menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak demi mempertahankan status unggul prodinya. “Capaian akreditasi ini merupakan prestasi bersama mulai dari pimpinan UNY, PPs, mahasiswa, staf, dan penjaminan mutu, “ungkapnya.

Sementara itu, menurut Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., selain PEP, dalam SK yang sama BAN-PT juga telah mengakui kualitas prodi S2 Pendidikan Fisika (PFis) dan S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kedua prodi baru di PPs UNY tersebut berhasil terakreditasi B. “Dengan minus alumni, tentunya capaian akreditasi B ini adalah yang terbaik. Semoga menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas sehingga lima tahun ke depan mampu meraih akreditasi A, “harapnya.

Dr. Heru Kuswanto, M.Si. selaku kaprodi PFis dan Dr. Suharno, M.Si. selaku kaprodi PPKn menyambut gembira dan senang atas raihan akreditasi ini. Keduanya bertekad untuk meningkatkan kualitas prodi masing-masing. Selain perbaikan mutu, kegiatan kerjasama, peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian akan digalakkan. Hal-hal yang masih kurang dalam visitasi, akan diperbaiki. Harapannya pada periode lima tahun mendatang kedua prodi ini telah mengalami banyak peningkatan sehingga akreditasi A dapat dengan mudah didapatkan. (Rubiman).

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)