Prof Djemari Mardapi Visiting Professor ke Burapha University

Ketua program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascsarjana UNY - Prof. Djemari Madapi, Ph.D. menjadi Visiting Professor di Faculty of Education Burapha University Thailand beberapa waktu lalu. Beliau memberikan kuliah umumnya di hadapan para mahasiswa dan dosen Burapha University dengan tema “Evaluation in Educational Quality Assurance”.

Tema kuliah umum tersebut merupakan permintaan dari pihak Faculty of Education Burapha University. Educational Quality Assurance merupakan suatu topik bidang pendidikan yang sedang trending di sana. Pihak Burapha University ingin memberikan wawasan baru kepada dosen dan mahasiswanya terkait peran evaluasi dalam penjaminan mutu pendidikan.

Prof. Djemari menyampaikan bahwa tujuan dari penjaminan mutu pendidikan adalah untuk memastikan bahwa standar atau kriteria hasil pembelajaran dapat dicapai. Hasil pembelajaran dipengaruhi oleh perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, guru, dan penilaian. Dalam kesimpulannya, Prof Djemari menjelaskan bahwa dengan adanya penjaminan mutu pendidikan yang baik maka dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran agar mampu mencapai standar yang sudah ditetapkan.

Kuliah umum tersebut dihadiri oleh Assoc. Prof. Dr. Vichit Suratreungchai – Dekan Faculty of Education, Dr. Pracha Inang - Wakil Dekan bagian Kerjasama Internasional,  para dosen, serta mahasiswa Burapha University. Selain itu, kuliah umum tersebut juga diikuti oleh dosen dan mahasiswa Prodi PEP PPs UNY yang merupakan rombongan studi laboratorium ke Burapha University. (Eka Ary)