RAPAT TIM PENGEMBANG PRODI PEP PPS UNY

Bertempat di Ruang 3.15 Gedung Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 14 November 2017, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY mengadakan Rapat Tim Pengembang Prodi PEP. Rapat ini rutin dilakukan sesemester sekali. Hal ini dilakukan sebagai upaya prodi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja Prodi PEP PPs UNY. Rapat dihadiri oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., Prof. Zamroni, Ph.D, Prof. Kumaidi, Ph.D., Bastari, Ph.D., Sumarno, Ph.D, dan Dr. Edi Istiyono, M.Si.

 

Rapat dibuka oleh Prof Badrun selaku Kaprodi PEP. Prof Badrun menyampaikan dua hal pokok yakni terkait kerjasama luar negeri dan pemaparan tema-tema penelitian tesis dan disertasi. Pertama terkait informasi kerjasama luar negeri diantaranya: 1) Tawaran untuk pertukaran dosen antara UNY dan Burapha University, 2) Tawaran pengadaan program Double Degree untuk Program Magister, 3) Tawaran untuk Visiting Professor bagi dosen PEP, dan 4) Kerjasama luar negeri dalam bentuk resource sharing. Masing-masing dosen menyambut baik adanya tawaran kerjasama luar negeri yang disampaikan Kaprodi PEP. Hal ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen Prodi PEP.

 

Selanjutnya informasi terkait tema-tema penelitian tesis dan disertasi dibagi menjadi lima tema diantaranya: 1) Pendidikan berkarakter dan berdaya saing, 2) Pendidikan berkeadilan, 3) Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, 4) Kearifan lokal, lokalitas, dan indigenous knowledge, 5) Global village, masyarakat informational dan komunikasional, borderless community. Kelima tema tersebut adalah tema umum dari PPs UNY yang dapat diturunkan menjadi tema-tema penelitian tesis dan disertasi mahasiswa PEP. (ALF)