STUDI BANDING DAN SEMINAR PROGRAM STUDI PEP UNY DENGAN UNIVERSITY OF MALAYA

            Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas program studi, mahasiswa S2 dan S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kunjungan studi banding sekaligus seminar ke Pascasarjana University Putra Malaysia (UPM) pada tanggal 4 Oktober 2018. Rombongan mahasiswa didampingi oleh Sekretaris prodi PEP, Dr. Edi Istiyono, M.Pd. dan satu orang dosen pembimbing yaitu Bapak Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, Ph.d.

          Agenda pertama kunjungan di UPM adalah mengikuti seminar yang digagas dan diselenggarakan oleh kedua universitas sekaligus pembukaan dan penerimaan rombongan UNY oleh pihak UPM. Seminar tersebut diisi dengan presentasi dari 4 presenter dan ditambah tanya jawab. Masing-masing presenter merupakan delegasi dari kedua universitas, yaitu dua presenter dari UNY dan dua presenter dari UPM. Presenter pertama ialah Prof. Siti Salima Mustakim yang menyampaikan materi presentasi berjudul Educational Assesment Towards The Transformasional of National Educational System. Presentasi tersebut memberikan gambaran tentang penilaian di Malaysia. Presenter kedua ialah Bapak Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, Ph.d. yang memaparkan materi tentang literasi siswa di Indonesia. Materi presentasi tersebut juga menjelaskan tentang intensitas siswa dalam membaca berita secara tradisional dan melalui media sosial. Presentasi ketiga disampaikan oleh mahasiswa S3 PEP UNY yaitu Bapak Sumaryanto, M.Pd. dengan judul Assessing Teacher Competence and Its Follow-up to Support Professional Development Sustainable. Presentasi tersebut menjelaskan tentang kompetensi guru dalam memberikan penilaian. Presentasi terakhir dipaparkan oleh mahasiswa S2 UPM tentang program konseling terkait literasi di Malaysia. Agenda seminar dan sambutan tersebut diakhiri dengan bincang-bincang dan ramah tamah serta pembahasan hubungan kerja sama di antara dua program studi.

          Agenda kedua di UPM ialah kunjungan pada future classroom kampus tersebut. Future classroom merupakan salah satu sarana prasarana yang dimiliki UPM untuk merancang kurikulum yang diselaraskan dengan perkembangan siswa. Dosen pengelola future classroom menjelaskan bahwa poin utama adanya future classroom bukan pada teknologi terbaru yang digunakan, tetapi pada kurikulum yang berusaha dikembangkan agar senantiasa sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (TW)