STUDI BANDING MAHASISWA S2 DAN S3 PEP UNY KE UPSI MALAYSIA

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina yang berarti tuntutlah ilmu sejauh apapun ilmu itu berada

          Ungkapan di atas seperti mewakili kegiatan studi banding yang dilakukan program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Rabu, 3 Oktober 2018 segenap mahasiswa S2 dan S3 program studi PEP UNY melakukan kegiatan studi banding dengan tujuan ke kampus University Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Tepatnya, studi banding dilakukan pada Fakulty Pembangunan Manusia (FPM). Rombongan mahasiswa didampingi oleh Sekretaris prodi PEP, Dr. Edi Istiyono, M.Pd. dan satu dosen pendamping, yaitu Bapak Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, Ph.d. Studi banding ini bisa dikatakan sebagai kunjungan balik di antara dua universitas. Hal ini dikarenakan pada bulan Juli 2018, PEP UNY mengundang salah satu dosen profesional di bidang penelitian dan pengukuran UPSI, yaitu Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein.

         Pada kunjungan kali ini, segenap rombongan prodi PEP UNY disambut dan diterima oleh Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein beserta beberapa jajaran dosen lainnya. Studi banding ini juga dihadiri oleh mahasiswa S3 program studi Educational Research Evaluation UPSI. Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein menyampaikan bahwa UPSI dan UNY merupakan dua universitas yang telah lama menjalin kerja sama dan telah memiliki MoU secara resmi. Hal ini tentunya akan memudahkan kemungkinan kerja sama antara prodi PEP UNY dengan prodi ERE di UPSI. Hubungan kerja sama yang dimaksudkan di antaranya ialah kerja sama dalam bidang penelitian antara dua universitas, student exchange, dan lain-lain.

             Prof. Dr. Siti Eshah Mokshein menyampaikan kurikulum dan aktivitas akademik prodi ERE UPSI. Terdapat kesamaan dan juga perbedaan antara kurikulum pendidikan UPSI dengan UNY. Tindak lanjut dari pemaparan tersebut ialah rencana pembahasan kurikulum lebih lanjut antara dua prodi di dua universitas. Hal ini dilakukan agar memudahkan rencana program student exchange dan transfer kredit mahasiswa ke depannya.

            Selain membahas tentang hubungan kerjasama, kurikulum pendidikan, dan kegiatan akademik, dalam studi banding tersebut juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY maupun UPSI untuk saling bertukar pengalaman yang dituangkan dalam sesi diskusi. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium FPM UPSI. Manfaat dari kunjungan laboratorium ini salah satunya ialah untuk melihat-lihat koleksi jurnal, media pembelajaran yang dikembangkan oleh FPM UPSI, dan sebagaian invetarisasi yang diperlukan untuk mendukung peningkatan mutu dan kualitas program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Kegiatan studi banding di FPM UPSI diakhiri dengan acara ramah tamah sekaligus pemantapan hubungan kerja sama di antara kedua prodi. (TW)