Post date: 16 Jun 2023 - 9:16am

Salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan teknologi. GeoGebra sebagai program aplikasi matematika yang gratis, bersifat dinamis dan interaktif dapat mendukung pembelajaran matematika di sekolah. “GeoGebra dikembangkan oleh Markus Hohenwarter pada tahun 2001. Menurut Hohenwarter dan Fuchs, GeoGebra sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran matematika” buka Assoc. Prof. Dr. Hutkemri Zulnaidi dari Departemen Matematika dan Sains Universiti Malaya.

Geogebra sangat membantu sekali dalam pembelajaran matematika karena Geogebra dapat digunakan untuk demonstrasi dan visualisasi, sebagai alat bantu konstruksi, untuk eksplorasi dan penemuan matematika, sebagai perangkat lunak pembangun bahan ajar (authoring tools) dan bisa digunakan untuk mengecek jawaban soal-soal matematika. Bekerja di Geogebra dapat dilakukan dengan menggunakan masukan geometri dan masukan aljabar.

Hutkemri memaparkan Pembelajaran Geogebra melalui media online tidak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa metode pembelajaran online antara lain MyOT_G, Google Wall, Rothe_Q, Kadageo, atau ValeaOff. Dengan metode My_OT, Hutkemri menjelaskan bahwa siswa yang menggunakan metode My_OT lebih bisa mengembangkan Logika Proposisional dibandingkan dengan metode konvensional. My_OT memiliki keunggulan lebih bisa diakses di mana saja kapan saja. Lebih lanjut, siswa akan lebih berfikir kreatif dan lebih kritis. Hutkemri juga menjelaskan bahwa siswa lebih tertarik dengan matematika dan dapat meningkatkan penalaran Matematika. (ant)

 

.

Post date: 25 May 2023 - 10:28am

“Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat”, buka Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3), Dr. Rahmawati, ST., M.Ed. Kegiatan Academic Discussion yang diadakan oleh Prodi S3 PEP ini membahas tentang kompetensi yang dinilai mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi.

Lebih lanjut lagi, AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh peserta didik dengan menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi. AKM juga dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, bukan hanya penguasaan konten.

Ada dua kompetensi yang akan diukur melalui AKM, yaitu Literasi dan Numerasi. Asesmen Literasi bertujuan untuk mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas Individu sebagai warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Kemudian ada Numerasi yang dilaksanakan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Lanjut Rahmawati yang menjelaskan hal ini via Zoom Meeting

Post date: 17 May 2023 - 9:41am

DRPM Award dan Mini Seminar menghadirkan Prof. Dr. M. Faiz Syuaib sebagai narasumber yang diadakan di Hotel UNY ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-59 UNY dimana kinerja perguruan tinggi dapat dilihat dari capaian 8 indikator kinerja utama (IKU). 8 Indikator Kinerja itu antara lain lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, mengundang praktisi mengajar dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, prodi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif serta prodi berstandar internasional.

“Tugas utama DRPM adalah memaksimalkan hasil IKU, utamanya hasil penelitian, PKM yang dibuktikan dengan publikasi dan HKI” buka Direktur DRPM UNY Prof. Samsul Hadi. “DRPM Award ini adalah untuk mengapresiasi IKU ke-5 dengan harapan dosen UNY terpacu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan PKM serta luarannya.” Ungkapnya lagi.

Dalam kegiatan ini juga dianugerahkan DRPM Award pada dosen yang memenuhi syarat. Tahun 2023 terdapat lima anugerah DRPM Award yaitu Peraih Publikasi SCOPUS terbaik, Peraih Sinta Score Years Terbaik, Penghargaan Institusi/Fakultas meliputi peraih hibah penelitian terbanyak, peraih hibah penelitian pada masyarakat dan peraih HAKI.

Adapun 3 Tenaga Pendidik dari Sekolah Pascasarjana terpilih sebagai Awardee yaitu Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd. (Peringkat 1 Kategori Capaian Jumlah Publikasi Scopus dan Peringkat 4 Kategori Sinta Score 3 Years Universitas) Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si. (Peringkat 2 Kategori Sinta Score 3 Years Universitas) dan Prof. Dr. M. Bruri Triyono, M.Pd. (Peringkat 6 Kategori Sinta Score 3 Years Universitas). (ded/ant)

 

.

Post date: 14 Apr 2023 - 10:19am

Authentic Assessment pada Lingkup Pembelajaran Online

Adanya pandemi Covid-19 telah merubah segala tata cara dalam kehidupan. Salah satu cara yang sekarang lazim digunakan adalah Assessment dalam lingkup online. Banyak perusahaan menyesuaikan strategi assessment mereka untuk memastikan kandidat masih dapat mengambil bagian dalam proses rekrutmen yang ideal. Salah satu caranya adalah dengan assessment online. Apa yang dimaksud assessment online? Secara sederhana, online assessment adalah evaluasi yang terstruktur dan cermat terhadap aspek keterampilan, karakteristik, pengetahuan, atau keahlian individu. Tes ini diselenggarakan secara online melalui teknologi berbasis web modern.

Dalam Diskusi Akademik yang diadakan oleh Prodi S3 PEP SPS UNY ini, Assoc. Prof. Dr. Tajularipin Sulaiman dari Faculti Pendidikan Universitas Putra Malaysia, menjelaskan mengenai Authentic Assessment dalam Lingkup Online. Authentic Assessment berarti memberikan kesempatan penilaian yang seperti tugas di ‘dunia nyata’. Ini merupakan serangkaian metode atau teknik untuk menilai prestasi akademik siswa yang mencakup aktivitas yang membutuhkan penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh ke situasi dunia nyata.

Lebih lanjut Tajularipin menjelaskan bahwa Authentic Assessment yaitu melakukan tugas dunia nyata (atau memecahkan masalah yang serupa dengan tugas dunia nyata) yang menunjukkan aplikasi bermakna dari pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi khusus yang digunakan oleh warga negara dewasa, konsumen, dan/atau profesional.

Tajularipin menambahkan pula bahwa Authentic Assessment harus menjadi pusat dari setiap pembelajaran online karena dapat membuat penilaian relevan, mengintegrasikan pembelajaran dan penilaian, mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan di dalam dan antar disiplin ilmu, mempromosikan pengembangan kognitif keterampilan berpikir tingkat tinggi, menciptakan profesional yang percaya diri. (ant)

Post date: 22 Feb 2023 - 2:28pm

Salah satu yang menentukan keberhasilan studi di Program Magister adalah penyelesaian thesis. Berdasarkan hasil pemantauan, mahasiswa Angkatan 2019 dan 2020 banyak mengalami kendala, terutama pertemuan dengan dosen menjadi canggung dan belum memiliki pandangan yang sama tentang arah penelitian. Masalah lain yang dihadapi adalah publikasi sebagai syarat lulus/mengambil ijazah. Kondisi penyelesaian tugas akhir ini perlu dipantau, agar mahasiswa yang bersangkutan segera memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Terkait dengan hal tersebut, diperlukan kegiatan monitoring tugas akhir dan publikasi mahasiswa, kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan dosen pembimbing dengan mahasiswa dalam writing camp.

Dalam acara yang diadakan oleh Prodi S2 PEP Sekolah Pascasarjana UNY, para mahasiswa diminta untuk membuat roadmap dan target penyelesaian studinya, khususnya dalam penyelesaian tesis. Kemudian roadmap tersebut yang diadikan acuan untuk selalu mengontrol diri agar tidak terlalu lama dalam kuliah. Selain itu, roadmap tersebut ada yang diserahkan kepada pembimbing atau koordinator prodi agar bisa digunakan untuk memantau kemajuan belajar mahasiswa yang bersangkutan.

Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd. selaku koorprodi S2 PEP Sekolah Pascasarjana UNY memberikan beberapa tips agar tesis segera selesai. Salah satunya yakni kalau sudah mulai mengerjakan disertasi jangan “nyambi” bekerja atau menerima pekerjaan, karena nanti disertasinya tidak kunjung selesai. Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan dan saran terkait dengan proses bimbingan tugas akhir. Kemudian masukan dan saran dari mahasiswa tersebut ditindaklanjuti oleh koordinator prodi atau dosen pembimbing. (ant)

.

Post date: 30 Nov 2022 - 9:28am
Pascasarjana UNY melalui Prodi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan baru saja menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Kerjasama (PkM) Internasional dengan Universitas Putra Malaysia (UPM). Pelatihan dilaksanakan secara virtual atau dalam jaringan (Daring) selama dua hari, Rabu-Kamis (9-10/11/2022). Peserta sebanyak 76 Guru SD dari Indonesia, dan tujuh Guru SD dari Malaysia.
 
Materi pelatihan hari pertama meliputi Theory of Cognitive Assessment Instrument Design oleh Edi Istiyono; Theory of Non-Cognitive Instrument Design oleh Tajularipin Sulaiman; Cognitive Assessment Instrument Design Assignment and Practice oleh Widihastuti; Non-Cognitive Assessment Instrument Design Assignment and Practice oleh Wan Marzuki.
 
Pada hari kedua, materi meliputi Instrumental Item Analysis Theory with IRT Approach oleh Edi Istiyono; dan Assignment and Practice of Item Analysis with an IRT Approach oleh Widihastuti. Dijelaskan Edi Istiyono, menyusun instrumen penilaian yang berkualitas dan melakukan analisis instrumen bukan tugas yang mudah bagi Guru SD di Indonesia dan Malaysia. Guru SD mengalami kesulitan ketika menyusun instrumen penilaian. "Kebanyakan dari mereka membuat instrumen penilaian yang hanya berfokus pada aspek kognitif saja," kata Edi Istiyono.
 
Padahal, lanjut Edi, seharusnya guru menyusun instrumen penilaian dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotirik. Guru hanya menyusun instrumen penilaian kognitif disebabkan menyusun instrumen penilaian afektif dan psikomotorik tidak semudah aspek kognitif. "Jika penilaian hanya terfokus pada aspek kognitif saja, maka tujuan penilaian tidak akan tercapai," kata Edi.
 
Post date: 4 Nov 2022 - 11:22am

Selasa (25/10), Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S3 Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) menjalani Asesmen Lapangan (AL) secara daring dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang diwakili oleh Prof. Dr Rusdinal, M.Pd. (Universitas Negeri Padang) dan Dr. Budi Susetyo, M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia). AL diawali dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A.

Dalam sambutannya, Margana mengucapkan terima kasih kepada para asesor, Bapak Rusdinal dan Bapak Budi untuk membersamai dalam rangka peningkatan layanan akademik bagi mahasiswa khususnya Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S3 melalui AL. “Kami menyadari sepenuhnya dan sudah berusaha semaksimal mungkin dokumen dari kriteria satu sampai sembilan. Namun jika ada berbagai poin atau aspek yang masih bolong, mohon berkenan Bapak asesor berkenan menyampaikan masukan,” ujar WR Bidang Akademik.

Guru Besar Linguistik tersebut mengatakan,”Para mahasiswa diarahkan dalam rangka penyeimbangan otak kanan dan otak kiri, sehingga dalam perkuliahan PEP tidak hanya sekedar mengandalkan otak kiri (transformasi atau rekonstruksi pengetahuan) tetapi juga rekonstruksi ketrampilan dan sikap.” Mahasiswa lulusan S3 harus memiliki produk kreatif, inovatif, pembaharuan, dan juga terukur. Sehingga mapping konsentrasi dan penelitian terus dilakukan dalam rangka menghasilkan lulusan-lulusan yang handal. Dalam Prodi PEP sendiri memiliki tiga pilihan konsentrasi, yaitu konsentrasi pengukuran dan pengujian, konsentrasi penelitian, serta konsentrasi evaluasi. Diharapkan Prodi PEP akan bisa menjadi rujukan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia.

Post date: 25 Oct 2022 - 10:40am

Masih adanya mahasiswa pascasarjana yang hampir habis masa studinya dan belum menyelesaikan penulisan disertasi mereka, maka dinilai perlu melakukan kegiatan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan penulisan disertasinya secara efisien dan fokus serta memberikan kemudahan mahasiswa dalam mencari bahan-bahan referensi yang diperlukan.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan kegiatan Workshop Writing Camp dimana mahasiswa difasilitasi diruang perpustakaan pascasarjana baik akses referensi, ruang kerja mandiri, dan fasilitas lain agar mahasiswa dapat bekerja maksimal menyelesaikan penulisannya tanpa terganggu aktifitas lain.

Kegiatan Writing Camp dibuka oleh Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. dan di ikuti oleh 18 orang mahasiswa. Dalam pembukaan tersebut Wakil Direktur Bidang Akademik Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. sebagai narasumber memaparkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan dan menyampaikan materi tentang penulisan disertasi yang baik dan benar serta hal-hal yang perlu dilakukan mahasiswa selama kegiatan berlangsung.

Setiap hari mahasiswa bekerja menyelesaikan penulisan disertasinya di ruang perpustakaan dimana telah di sediakan berbagai kebutuhan yang diperlukan mahasiswa untuk penyelesaian penulisannya disertasinya. Disediakan juga konsumsi agar mahasiswa tidak perlu keluar untuk makan siangnya, ruang kerja mandiri, akses internet, akses referensi untuk penulisan, dosen konsultan serta fasilitasi bimbingan daring/luring dengan promotor/kopromotornya.

Post date: 9 Aug 2022 - 9:30am

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang diselenggarakan oleh Program Magister Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) berada di 2 sekolah, yaitu SDN Tukharjo dan SDN Purwoharjo. Kegiatan PPM kali ini berupa pelatihan tentang “Penulisan Soal Berfikir Kritis Tingkat Tinggi, Sikap, dan Pengetahuan berbasis ICT dengan Quiziz” yang dilaksanakan pada Selasa s.d. Rabu, 2 s.d. 3 Agustus 2022.

Kegiatan ini dilakukan di 2 sekolah dan melibatkan guru sekolah berjumlah 23 orang. Pelatihan dimulai dengan sambutan Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana UNY dan diterima baik oleh Bapak Dr. Redemtus Hertanto, S.Ag., Kepala SDN Tukharjo, Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Setelah dibuka dilanjutkan pelatihan dengan narasumber Prof Dr Edi Istiyono, M.Si dengan materi “Pembuatan Instrument untuk Guru SD sehingga Bisa Meningkatkan HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) pada Siswa SD”. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Risky Setiawan dengan materi “Penggunaan Wordwall sebagai Media dalam Menerapkan Soal HOTS”. Fungsi dari Wordwall adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan. Sebagai penutup, Bapak Abdul Rahim, M.Pd memberikan pelatihan dengan materi “Penggunaan Website Quiziz sebagai Salah Satu Media yang Bisa Digunakan dalam Memberikan Quiz Atraktif ke Siswa SD”.

Luaran dari kegiatan ini diharapkan Guru SD dapat menyusun soal HOTS pada mata pejaran IPA dengan menggunakan media wordwall maupun quiziz sehingga dapat meningkatkan HOTS Siswa SD dengan menyenangkan. (lal/ant)

.

Post date: 13 Jul 2022 - 4:16pm

(Rabu, 13/07) Pada Rabu pagi yang cerah, prodi PEP S2 UNY kedatangan seorang tamu sekaligus narasumber yang luar biasa dari Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Istiana Hermawati, M.Sos. Faktanya Istiana merupakan alumni S3 - Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PPs UNY tahun 2006, sebelumnya pada tahun 2011-2019,Istiyana pernah menjadi Dosen di PPs UNY Prodi PEP S2 mengampu mata kuliah Dasar-dasar penelitian kebijakan dan Evaluasi Kebijakan, dan sekarang dia menjabat sebagai peneliti ahli utama di pusat riset kebijakan publik.

Sebagai seorang praktisi lapangan, Istiana menyampaikan kepada peserta kegiatan bahwasannya lulusan dari prodi Penelitian & Evaluasi Pendidikan (PEP) ini ilmu dan cakupannya luas. Jadi lulusan dari PEP ini tidak selalu hanya bisa meneliti & mengevaluasi di ranah pendidikan saja akan tetapi dapat juga meneliti & mengevaluasi diluar ranah pendidikan seperti contohnya kebijakan publik. Selain itu istiana menyampaikan jika kurikulum PEP membekali mahasiswanya untuk mengembangkan profesinya sebagai peneliti, dosen, konsultan, peneliti, evaluator, ketua proyek riset,

Menurut istiana prodi PEP UNY mempunya nilai plus dalam menghasilkan Magister dan Doktor penelitian dan evaluasi pendidikan yang berprofesional dan bernurani yang baik; ahli menerapkan berbagai metode penelitian, asesmen, dan evaluasi pendidikan; ahli mengembangkan metode penelitian, asesmen, dan evaluasi pendidikan; ahli menganalisis dan mengembangkan instrumen tes dan non tes; mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan dan terakhir mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Pages