BERTAMBAHNYA GURU BESAR PRODI PEP

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) patut berbangga. Pasalnya, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, telah dikukuhkan 4 dosen PEP sebagai Guru Besar di UNY. Pada bulan September 2019 telah dikukuhkan Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T sebagai Guru Besar UNY bidang Evaluasi Pembelajaran Kejuruan. Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T merupakan guru besar UNY yang ke 143. Pidato berjudul “Evaluasi Pembelajaran Kejuruan di Era Revolusi Industri 4.0” dibacakan di hadapan rapat terbuka Senat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY pada hari Rabu 18 September 2019. Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T mengatakan bahwa industri 4.0 sangat berpengaruh pada dunia pendidikan.

Tidak lama berselang, pada bulan November 2019 telah dikukuhkan Prof. Dr. Suranto, M.Pd., M.Si sebagai Guru Besar UNY di bidang Evaluasi Program Komunikasi. Pidato pengukuhan dengan judul “Evaluasi Program Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0” dibacakan di hadapan rapat terbuka Senat di Ruang Sidang Utama Rektorat. Dengan dikukuhkannya Prof. Suranto, M.Pd., M.Si, Guru Besar di UNY bertambah 1 menjadi 146. Dalam pidatonya, Prof. Dr. Suranto, M.Pd., M.Si menyampaikan bahwa Berbagai gejala sebagai dampak hadirnya era revolusi industri 4.0 bukan lagi sekedar wacana, namun sudah menjadi realita.

Selanjutnya, pada bulan Desember 2019 disusul pengukuhan Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd sebagai Guru Besar UNY yang ke 149. Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd dikukuhkan sebagai Guru Besar UNY bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan Matematika. Pidato berjudul “Asesmen Pendidikan Matematika pada Era Society 5.0” dibacakan di hadapan rapat terbuka Senat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY pada Sabtu 28 Desember 2019. Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd menyampaikan bahwa pada era Society 5.0, kompetensi siswa yang dibutuhkan meliputi kreativtas dan pemecahan masalah, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi serta mampu mengatasi berbagai kesulitan dan berdaya saing.

Kemudian pada bulan Maret 2020 disusul dikukuhkannya Prof. Edi Istiyono, M.Si sebagai Guru Besar UNY ke 153. Prof. Edi Istiyono, M.Si dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pembelajaran Fisika. Pada tanggal 7 Maret 2020 dibacakan pidato berjudul “PhysCoTeHOTS-CAT: Solusi Penilaian HOTS Berbasis TIK sebagai Tuntutan Pembelajaran Fisikan Masa Kini” oleh Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si di hadapan rapat terbuka Senat di Ruang Sidanh Utama Rektorat UNY. Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si memaparkan fisika dikenal sebagai mata pelajaran terkategori sulit bagi peserta didik dan membutuhkan kemampaun berpikir logis, kritis, kreatif dan objektif, sehingga diperlukan HOTS dalam pembelajarannya. Oleh karenanya dengan melatih peserta didik terbiasa untuk menyelesaikan persoalan HOTS Fisika, maka diharapkan peserta didik mampu menyelesaikan persoalan fisika dan melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi mereka. Ada beberapa keterampilan yang merupakan HOTS yang selanjutnya disebut HOTS Fisika, meliputi: HOTS Bloomian, HOTS Marzanoian, Critical Thinking Skills, Creative Thinking Skills dan Problem Solving Skills. Tes lengkap untuk mengukur HOTS Fisika atau Complete Test for HOTS Physics selanjutnya diberi nama PhysCoTeHOTS.

Indonesian