Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes bagi Mahasiswa PEP

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 2-3 November 2018 program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan pelatihan instrumen tes dan non tes di aula lantai 3 gedung Pascasarjana UNY. Antusias mahasiswa dalam mengikuti pelatihan ini terhitung tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan animo peserta yang mencapai 60 orang. Peserta pelatihan tersebar dari jenjang S2 dan S3 program studi PEP.

Pemateri dalam pelatihan ini merupakan expert di bidang penyusunan instrumen tes dan non tes, sekaligus dosen di program studi PEP yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Dalam kurun waktu dua hari pelatihan, terdapat empat pemateri yang memberikan pelatihan pada program ini, yaitu: (1) Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd.; (2) Dr. Amat Jaedun; (3) Dr. Edi Istiyono, M.Pd.; dan (4) Dr. Haryanto, M.Pd., M.T. Pemaparan materi dari keempat expert dibagi ke dalam dua hari, yaitu dua materi pada hari Jumat tanggal 2 November 2018 pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 dan materi lainnya pada hari Sabtu 3 November 2018 pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00.

Kegiatan Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes dan Non-Tes ini dibuka pada tanggal 2 November 2018 oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd. selaku Ketua Program Studi PEP. Selanjutnya, di hari yang sama disambung dengan pemberian materi dan pelatihan terkait Penyusunan Instrumen Tes oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd. serta materi Teori dan Praktik Penyusunan Instrumen Nontes oleh Dr. Amat Jaedun. Antusias mahasiswa dalam pelatihan hari pertama ini sangatlah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan terkait materi pelatihan.

Pada hari Sabtu 3 November 21018 disampaikan materi dan pelatihan terkait Teori dan Praktik Penyusunan Instrumen Tes oleh Dr, Edi Istiyono, M.Pd, materi Analisis Instrumen Non-Tes dengan EFA oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd., serta materi tentang Teori dan Praktik Analisis Butir Soal oleh Dr. Haryanto, M.Pd., M.T. Pelatihan sudah memasuki hari kedua, akan tetapi semangat dan antusias mahasiswa peserta pelatihan tidak menurun. Banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan menjadi salah satu buktinya. Kegiatan di hari kedua diakhiri pada pukul 13.00, sekaligus menutup Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes dan Non-Tes yang telah diselenggarakan dua hari. Kegiatan pelatihan ditutup oleh Prof. Dr. Badrun kartowagiran, M.Pd. selaku Ketua Prugram Studi PEP. (TW)

Indonesian