Percepatan Studi Prodi PEP

Pada hari Senin 13 Februari 2017, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) mengadakan kegiatan percepatan studi bagi mahasiswa PEP baik S-2 maupun S-3. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aula Lantai 3 Gedung Baru PPs UNY ini dibuka oleh Kaprodi PEP, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D.

Percepatan studi ini bertujuan untuk memonitoring kemajuan belajar mahasiswa dan memotivasi mereka untuk segera menyelesaikan kuliahnya. Kegiatan ini berlangsung selama dua sesi, sesi pertama untuk mahasiswa S-2 dan sesi kedua untuk mahasiswa S-3. Mahasiswa S-2 konsentrasi untuk segera menyelesaikan tesisnya sedangkan mahasiswa S-3 segera menyelesaikan disertasinya. Bagi mahasiswa S-2 batas penyelesaian studinya selama 10 semester, sedangkan S-3 selama 14 semester.

Para mahasiswa diminta untuk membuat roadmap dan target penyelesaian studinya, khususnya dalam penyelesaian tesis dan disertasi. Kemudian roadmap tersebut yang diadikan acuan untuk selalu mengontrol diri agar tidak terlalu lama dalam kuliah. Selain itu, roadmap tersebut ada yang diserahkan kepada pembimbing atau pengelola podi agar bisa digunakan untuk memantau kemajuan belajar mahasiswa yang bersangkutan.

Prof Djemari memeberikan beberapa tips agar tesis dan disertasinya segera selesai. Salah satunya yakni kalau sudah mulai mengerjakan disertasi jangan “nyambi” bekerja atau menerima pekerjaan, karena nanti disertasinya tidak selesai-selesai. Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan dan saran terkait dengan proses bimbingan tugas akhir. Kemudian masukan dan saran dari mahasiswa tersebut ditindaklanjuti oleh pengelola prodi. (eka ary)

Indonesian