You are here

Academic Seminar in English Prodi PEP

Selama bulan April sampai Mei 2017, para dosen dari Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan menyampaikan tujuh artikel yang merupakan hasil penelitian dan juga artikel dari jurnal internasional dalam forum Academic Seminar in English. Kegiatan yang merupakan unggulan Prodi PEP ini dilaksanakan rutin setiap hari jumat pagi. Ketujuh artikel dibawakan oleh Prof. Djemari Mardapi, Ph.D, Dr. Widihastuti, M.Pd, Dr. Farida A. Setiawati, M.Si, Prof. Badrun Kartowagiran, M.Pd, Dr. Edi Istyono, M.Si, dan Dr. Suranto, M.Pd., M.Si.

Bulan April dibuka dengan peampilan duo srikandi PEP. Pada minggu pertama artikel dengan judul “Clothing and textiles: Reinforcing STEM education trough family and cosumer sciences curriculum” disampaikan oleh Dr. Widihastuti, M.Pd. Dr Widi mengatakan, Science, technology, engineering, and math (STEM) sangat berguna dalam melakukan evaluasi pembelajaran busana di SMK. Pada minggu berikutnya Dr. Farida A. Setiawati, M.Si membawakan artikel yang berjudul “Response patterns of holland-based career interest instrument”. Dr. Farida mengatakan, teori Holland sangat bermanfaat dalam pengembangan instrumen. Selang seminggu kemudian, Prof. Badrun Kartowagiran, M.Pd menyampaikan materi berjudul “Needs analysis VET for determing instructor competencies”. Prof. Badrun mengatakan guru SMK harus memiliki kompetesi yang bagus agar mampu mengajar dengan baik. Dengan demikian lulusan yang akan dihasilkan juga berkompeten.

Dr. Edi Istyono, M.Si membawakan artikel berjudul “Development of two tier test to assess conceptual understanding in heat and temperature” yang merupakan hasil penelitian mahasiswa bimbingannya. Dr. Edi mengatakan hasil penelitian menunjukan dua tes yang dikembangkan oleh mahasiswa bimbingannya efektif meningkatkan pemahaman konseptual siswa dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk menilai hasil belajar siswa.

Dr. Suranto, M.Pd.,M.Si menyampaikan materi dengan judul “Deveploment an assessment instrument of the skill comunications in vocational high schools”. Dr. Suranto menyampaikan bahwa penelitiannya berfokus pada pengembangan instrumen kemampuan berkomunikasi pada sekolah vokasi. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa instrumen yang dikembangkannya sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel dan siap diterapkan untuk ujian kompetensi siswa SMK.

Prof. Djemari menyampaiakan materi yang berjudul “Teacher turnover, teacher quality, and student achievement in DCPS”. Pada praktiknya penghasilan guru memiliki efek terhadap kualitas sekolah yang diukur dari kinerja siswa. Penghasilan guru memiliki efek positif terhadap prestasi belar siswa. Dengan sistem ini guru yang berkinerja rendah dapat diidentifikasi secara akurat dan diganti dengan guru yang lebih efektif. Dampak penghasilan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (Tomy dan Eka)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)