You are here
Kurikulum S3
.
Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
a. Visi
|
Pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dalam penerapan dan pengembangan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan di tingkat Asia Tenggara, sesuai dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. |
b. Misi
|
c. Profil Lulusan
Dosen, widyaiswara, guru, peneliti, evaluator bidang pendidikan, konsultan penelitian dan analisis data, surveyer, praktisi pendidikan, ahli penelitian, dan pengamat penilaian pendidikan.
d. Capaian Pembelajaran
1) Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan sikap religius;
- Menampilkan sikap sosial dalam melaksanakan tugas dalam kehidupan sehari-hari;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Menunjukkan sikap bangga dan cinta tanah air, serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Mampu bekerja sama dengan sesama teman sejawat dan profesi lain;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam melaksanakan tugas;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kebersamaan, dan kewirausahaan;
- Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tempat tugasnya;
- Memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi diri secara berkelanjutan;
- Memberdayakan sumber daya manusia yang relevan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan;
- Menjunjung tinggi etika profesi sebagai peneliti dan pengevaluasi pendidikan.
2) Pengetahuan
- Memiliki pengetahuan dasar tentang filsafat pendidikan yang berbasis pada kultur Indonesia;
- Memiliki pengetahuan statistik dan penerapannya untuk pengembangan metodologi penelitian dan evaluasi pendidikan;
- Memiliki pengetahuan tentang penilaian pendidikan dan penerapannya untuk pengembangan sistem penilaian pendidikan;
- Memiliki pengetahuan statistik dan penilaian pendidikan untuk pengembangan instrumen penelitian pendidikan;
- Memiliki pengetahuan evaluasi pendidikan dan penerapannya untuk mengembangkan model evaluasi pendidikan;
- Memiliki pengetahuan untuk menganalisis, merancang, dan mengembangkan instrumen tes dan non-tes;
- Memiliki pengetahuan untuk merancang model penilaian pendidikan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
3) Keterampilan Khusus
- Mengembangkan metodologi penelitian untuk keperluan khusus;
- Mengembangkan sistem penilaian untuk keperluan khusus;
- Mengembangkan instrumen penilaian, penelitian, dan evaluasi untuk keperluan khusus;
- Menganalisis berbagai bentuk instrumen tes dan non-tes;
- Melakukan penilaian, penelitian, dan evaluasi pendidikan;
- Menggunakan berbagasi macam software untuk analisis data dan analisis butir;
- Merancang pelatihan metodologi penelitian dan evaluasi serta sistem penilaian pendidikan;
- Mengembangkan perangkat atau aplikasi komputer untuk keperluan penilaian, penelitian, dan evaluasi pendidikan.
4) Keterampilan Umum
- Mengembangkan pengetahuan dan metodologi baru yang terkait dengan bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP);
- Memecahkan permasalahan sains dan teknologi di bidang keilmuan PEP melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner;
- Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan di bidang PEP yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional;
- Mengajukan proposal penelitian dan evaluasi pendidikan pada tingkat internasional;
- Mendesiminasikan dan mempublikasikan karya ilmiahnya pada level nasional terakreditasi dan internasional terindeks;
- Membangun jaringan kerjasama dengan alumni, asosiasi profesi, dan masyarakat yang relevan.
d. Struktur Kurikulum
|
No. |
KODE |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SEMESTER |
JUMLAH SKS |
|||||||
|
jml |
T |
P |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|||||
|
I. MATA KULIAH PONDASI KEILMUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
PPS9201 |
Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
|
|
PPS9302 |
Metodologi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
3 |
3 |
0 |
3 |
|
|
|
7 |
||
|
|
PPS9208 |
Statistik Multivariat |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
|
II. MATA KULIAH KEAHLIAN PROGRAM STUDI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
PEP9206 |
Teori Statistika dan Sampling |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
|
|
PEP9207 |
Penulisan Artikel Jurnal |
2 |
1 |
1 |
|
2 |
|
|
|
||
|
|
PEP9209 |
Model Penelitian Kualitatif |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
||||
| 7. |
PEP9210 |
Teori Pengukuran dan Evaluasi |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
||||
|
29 |
||||||||||||
|
|
PEP9313 |
Model Persamaan Struktural |
3 |
2 |
1 |
|
3 |
|
||||
|
|
PEP9215 |
Teknik Analisis Data |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|
||
|
|
PEP9201 |
Penulisan Proposal Disertasi |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
PEP9216 |
Seminar Proposal Disertasi |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
PEP9904 |
Disertasi |
12 |
0 |
12 |
|
|
|
12 |
|||
|
III. MATA KULIAH PILIHAN KONSENTRASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
A. Pengukuran dan Pengujian |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|||
|
|
PEP9212 |
Metode Penskalaan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
|
PEP9222 |
Teori Respons Butir Lanjut |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
|
PEP9223 |
Seminar Pengukuran dan Pengujian |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
PEP9224 |
Praktek Pengukuran dan Pengujian |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
B. Metodologi Evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
PEP9231 |
Evaluasi Program Lanjut |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
8 |
||
|
|
PEP9232 |
Analisis dan Evaluasi Kebijakan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
|
PEP9234 |
Seminar Isue Metodologi Evaluasi |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
PEP9233 |
Praktek Evaluasi |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
C. Metodologi Penelitian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
PEP9241 |
Penelitian dan Pengembangan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
8 |
||
|
|
PEP9242 |
Penelitian Kebijakan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
|
PEP9244 |
Seminar Isu Metodologi Penelitian |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
PEP9243 |
Praktek Penelitian |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
|
IV. MATA KULIAH PILIHAN BEBAS*) |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
PEP9218 |
Program R |
2 |
1 |
1 |
|
2 |
|
|
|||
|
|
PEP9251 |
Penilaian Kelas |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
||||
|
|
PEP9252 |
Instrumen Nonkognitif |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
|
PEP9253 |
Meta Analisis |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
|
PEP8215 |
Mata Kuliah Bidang Studi |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
|
|
PEP9254 |
Desain Penelitian Noneksperimen |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
6 |
||
|
|
PEP9255 |
Desain Analisis Data Kualitatif |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|
||
|
|
PEP9256 |
Computer Based Assessment |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|
||
|
|
PEP9257 |
Analisis Multi Level |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|
||
|
|
PEP9214 |
Pemrograman Komputer |
2 |
1 |
1 |
2 |
|
|
|
|
||
|
V. MATA KULIAH KEMAMPUAN KEAHLIAN TAMBAHAN**) |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
VI. MATA KULIAH MATRIKULASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
PEP8202 |
Statistika ***) |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
||
|
|
PEP9263 |
Psikologi Pendidikan ****) |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
||
|
|
PEP8208 |
Statistika Nonparametrik ***) |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
||
|
|
PEP8206 |
Konstruksi Instrumen *****) |
2 |
1 |
1 |
|
2 |
|
|
|
||
|
|
PEP8204 |
Teori Tes *****) |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
||
|
|
PEP8205 |
Evaluasi Program Pendidikan *****) |
|
|
|
2 |
|
|
|
|
||
|
JUMLAH SKS YANG WAJIB DIAMBIL |
|
|
|
13 |
13 |
12 |
12 |
50 |
||||
Keterangan:
*) Mahasiswa program Doktor wajib memilih 6 sks dari 20 sks yang tersedia
**) Mata kuliah bebas yang di ambil pada program studi lain (lintas program studi) 0-4 sks.
***) Wajib bagi S2 non Matematika dan Statistika di smester antara
****) Wajib bagi S2 non Pendidikan dilaksanakan di semester antara
*****) Wajib bagi S2 non PEP
PERPUSTAKAAN
SISTEM INFORMASI
KONTAK KAMI
SEKOLAH PASCASARJANA
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326
Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Website : http://sps.uny.ac.id
FB: pascasarjana UNY
IG: spsuny_official, s2pep_uny
Twitter: OfficialUNY
IG S2 PEP: s2.pep_uny
Copyright © 2025,


