You are here
Kurikulum S2
.
Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
a. Visi
Pada tahun 2025 unggul dalam penerapan dan pengembangan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan di tingkat Asia Tenggara, sesuai dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.
b. Misi
- Menyelenggarakan program studi Magister (S-2) dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan,
- Menyelenggarakan pelatihan dalam bidang metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan,
- Melakukan penelitian, pengkajian, dan penerapan metodologi penilaian, asesmen, dan evaluasi pendidikan.
c. Profil Lulusan
Dosen; Peneliti bidang pendidikan, sosial dan humaniora; Evaluator; Konsultan kebijakan pendidikan, penelitian dan Analisis Data; Asesor/penilai untuk akreditasi sekolah/TK/PAUD; Widyaswara.
d. Capaian Pembelajaran
1) Pengetahuan
- Memiliki pengetahuan dasar tentang filsafat pendidikan yang berbasis pada kultur Indonesia;
- Memiliki pengetahuan dasar statistik dan penerapannya dalam penelitian pendidikan;
- Memiliki pengetahuan dasar tentang penilaian pendidikan dan penerapannya dalam bidang pendidikan dan non-kependidikan;
- Memiliki pengetahuan dasar tentang evaluasi pendidikan dan penerapannya dalam bidang pendidikan dan non-kependidikan;
- Memiliki pengetahuan untuk menganalisis dan merancang instrumen tes dan non-tes;
- Memiliki pengetahuan untuk menganalisis dan merancang penelitian pendidikan;
- Memiliki pengetahuan untuk merancang penilaian pendidikan sesuai dengan bidangnya;
- Memiliki pengetahuan untuk merancang evaluasi pendidikan.
2) Keterampilan Khusus
- Menggunakan berbagai teknik statistik untuk berbagai penelitian pendidikan;
- Mengembangkan instrumen untuk penelitian pendidikan;
- Mengembangkan instrumen untuk penilaian pendidikan;
- Menganalisis instrumen tes dan non-tes;
- Melakukan penilaian, penelitian, dan evaluasi pendidikan;
- Mampu menggunakan berbagasi macam software untuk analisis data dan analisis butir
- Mampu memberikan pelatihan analisis data dan analisis butir.
e. Struktur Kurikulum
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
SEMESTER |
JUMLAH SKS |
|||||
JML |
T |
P |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
I. MATA KULIAH PONDASI KEILMUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1 |
PPS8201 |
Filsafat Ilmu |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
2 |
PPS8202 |
Statistika |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
7 |
3 |
PPS8304 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
3 |
3 |
0 |
3 |
|
|
|
|
II. MATA KULIAH KEAHLIAN PROGRAM STUDI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4 |
PEP8210 |
Penulisan Karya Ilmiah |
2 |
1 |
1 |
2 |
|
|
|
|
5 |
PEP8205 |
Desain dan Analisis Eksperimen |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
6 |
PEP8203 |
Evaluasi Program Pendidikan |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
7 |
PEP8204 |
Teori Tes Klasik |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
23 |
8 |
PEP8206 |
Konstruksi Instrumen |
2 |
1 |
1 |
2 |
|
|
|
|
9 |
PEP8215 |
Teknik Analisis Data |
2 |
0 |
2 |
|
2 |
|
|
|
10 |
PEP8214 |
Penilaian Kelas |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
11 |
PEP8311 |
Proposal Tesis |
3 |
2 |
1 |
|
|
3 |
|
|
12 |
PEP8612 |
Tesis |
6 |
0 |
6 |
|
|
|
6 |
|
III. MATA KULIAH KONSENTRASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
A. Konsentrasi Pengukuran dan Pengujian |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13 |
PEP8221 |
Teori Respons Butir |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
6 |
14 |
PEP8222 |
Manajemen Pengujian |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
15 |
PEP8223 |
Praktik Pengukuran dan Pengujian |
2 |
0 |
2 |
|
2 |
|
|
|
B. Konsentrasi Penelitian Kebijakan dan Evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
16 |
PEP8231 |
Dasar PenelitiaKebijakan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
6 |
17 |
PEP8232 |
Model Evaluasi Kebijakan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
18 |
PEP8233 |
Praktik Evaluasi |
2 |
0 |
2 |
|
2 |
|
|
|
IV. MATA KULIAH PILIHAN BEBAS *) |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
19 |
PEP8209 |
Mata Kuliah Bidang Studi |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
20 |
PEP8210 |
Pengantar Analisis Faktor |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
21 |
PEP8211 |
Pemrograman Komputer |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|
22 |
PEP8212 |
Instrumen Non Kognitif |
2 |
1 |
1 |
|
2 |
|
|
|
23 |
PEP8208 |
Statistika Non Parametrik |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
4 |
24 |
PEP8213 |
Desain Penelitian Non Eksperimen |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
25 |
PEP8214 |
Desain Analisis Data |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|
26 |
PEP8215 |
Desain Analisis Kualitatif |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|
V. MATA KULIAH KEMAMPUAN KEAHLIAN TAMBAHAN**) |
|
|
|
|
|
|
|
0-4 |
||
VI. MATA KULIAH MATRIKULASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
27 |
PEP8201 |
Pengantar Statistika ***) |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
0 |
28 |
PEP8201 |
Psikologi Pendidikan ****) |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
JUMLAH TOTAL SKS YANG DIAMBIL |
|
|
|
17 |
12 |
5 |
6 |
40 |
Keterangan:
T = Teori; P = Praktik
*) Pada mata kuliah pilihan bebas, mahasiswa wajib mengambil 4 SKS
**) Mata kuliah bebas yang di ambil pada program studi lain (lintas program studi) 0-4 sks.
***) Wajib bagi S1 non Matematika dan Statistika
****) Wajib bagi S1 non Pendidikan
PERPUSTAKAAN
SISTEM INFORMASI
KONTAK KAMI
SEKOLAH PASCASARJANA
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326
Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Website : http://sps.uny.ac.id
FB: pascasarjana UNY
IG: spsuny_official, s2pep_uny
Twitter: OfficialUNY
Copyright © 2025,