You are here
Kurikulum S3
.
Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
a. Visi
Pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dalam penerapan dan pengembangan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan di tingkat Asia Tenggara, sesuai dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. |
b. Misi
|
c. Profil Lulusan
Dosen, widyaiswara, guru, peneliti, evaluator bidang pendidikan, konsultan penelitian dan analisis data, surveyer, praktisi pendidikan, ahli penelitian, dan pengamat penilaian pendidikan.
d. Capaian Pembelajaran
1) Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan sikap religius;
- Menampilkan sikap sosial dalam melaksanakan tugas dalam kehidupan sehari-hari;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Menunjukkan sikap bangga dan cinta tanah air, serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Mampu bekerja sama dengan sesama teman sejawat dan profesi lain;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam melaksanakan tugas;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kebersamaan, dan kewirausahaan;
- Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tempat tugasnya;
- Memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi diri secara berkelanjutan;
- Memberdayakan sumber daya manusia yang relevan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan;
- Menjunjung tinggi etika profesi sebagai peneliti dan pengevaluasi pendidikan.
2) Pengetahuan
- Memiliki pengetahuan dasar tentang filsafat pendidikan yang berbasis pada kultur Indonesia;
- Memiliki pengetahuan statistik dan penerapannya untuk pengembangan metodologi penelitian dan evaluasi pendidikan;
- Memiliki pengetahuan tentang penilaian pendidikan dan penerapannya untuk pengembangan sistem penilaian pendidikan;
- Memiliki pengetahuan statistik dan penilaian pendidikan untuk pengembangan instrumen penelitian pendidikan;
- Memiliki pengetahuan evaluasi pendidikan dan penerapannya untuk mengembangkan model evaluasi pendidikan;
- Memiliki pengetahuan untuk menganalisis, merancang, dan mengembangkan instrumen tes dan non-tes;
- Memiliki pengetahuan untuk merancang model penilaian pendidikan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
3) Keterampilan Khusus
- Mengembangkan metodologi penelitian untuk keperluan khusus;
- Mengembangkan sistem penilaian untuk keperluan khusus;
- Mengembangkan instrumen penilaian, penelitian, dan evaluasi untuk keperluan khusus;
- Menganalisis berbagai bentuk instrumen tes dan non-tes;
- Melakukan penilaian, penelitian, dan evaluasi pendidikan;
- Menggunakan berbagasi macam software untuk analisis data dan analisis butir;
- Merancang pelatihan metodologi penelitian dan evaluasi serta sistem penilaian pendidikan;
- Mengembangkan perangkat atau aplikasi komputer untuk keperluan penilaian, penelitian, dan evaluasi pendidikan.
4) Keterampilan Umum
- Mengembangkan pengetahuan dan metodologi baru yang terkait dengan bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP);
- Memecahkan permasalahan sains dan teknologi di bidang keilmuan PEP melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner;
- Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan di bidang PEP yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional;
- Mengajukan proposal penelitian dan evaluasi pendidikan pada tingkat internasional;
- Mendesiminasikan dan mempublikasikan karya ilmiahnya pada level nasional terakreditasi dan internasional terindeks;
- Membangun jaringan kerjasama dengan alumni, asosiasi profesi, dan masyarakat yang relevan.
d. Struktur Kurikulum
No. |
KODE |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
SEMESTER |
JUMLAH SKS |
|||||||
jml |
T |
P |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|||||
I. MATA KULIAH PONDASI KEILMUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
PPS9201 |
Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
|
PPS9302 |
Metodologi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
3 |
3 |
0 |
3 |
|
|
|
7 |
||
|
PPS9208 |
Statistik Multivariat |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
II. MATA KULIAH KEAHLIAN PROGRAM STUDI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
PEP9206 |
Teori Statistika dan Sampling |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
|
PEP9207 |
Penulisan Artikel Jurnal |
2 |
1 |
1 |
|
2 |
|
|
|
||
|
PEP9209 |
Model Penelitian Kualitatif |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
||||
7. |
PEP9210 |
Teori Pengukuran dan Evaluasi |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
||||
29 |
||||||||||||
|
PEP9313 |
Model Persamaan Struktural |
3 |
2 |
1 |
|
3 |
|
||||
|
PEP9215 |
Teknik Analisis Data |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|
||
|
PEP9201 |
Penulisan Proposal Disertasi |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
|
PEP9216 |
Seminar Proposal Disertasi |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|||
|
PEP9904 |
Disertasi |
12 |
0 |
12 |
|
|
|
12 |
|||
III. MATA KULIAH PILIHAN KONSENTRASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
A. Pengukuran dan Pengujian |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|||
|
PEP9212 |
Metode Penskalaan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
PEP9222 |
Teori Respons Butir Lanjut |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
PEP9223 |
Seminar Pengukuran dan Pengujian |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
PEP9224 |
Praktek Pengukuran dan Pengujian |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
|
B. Metodologi Evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
PEP9231 |
Evaluasi Program Lanjut |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
8 |
||
|
PEP9232 |
Analisis dan Evaluasi Kebijakan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
PEP9234 |
Seminar Isue Metodologi Evaluasi |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
PEP9233 |
Praktek Evaluasi |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
|
C. Metodologi Penelitian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
PEP9241 |
Penelitian dan Pengembangan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
8 |
||
|
PEP9242 |
Penelitian Kebijakan |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
PEP9244 |
Seminar Isu Metodologi Penelitian |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
PEP9243 |
Praktek Penelitian |
2 |
0 |
2 |
|
|
2 |
|
|||
IV. MATA KULIAH PILIHAN BEBAS*) |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
PEP9218 |
Program R |
2 |
1 |
1 |
|
2 |
|
|
|||
|
PEP9251 |
Penilaian Kelas |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
||||
|
PEP9252 |
Instrumen Nonkognitif |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|||
|
PEP9253 |
Meta Analisis |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|||
|
PEP8215 |
Mata Kuliah Bidang Studi |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|||
|
PEP9254 |
Desain Penelitian Noneksperimen |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
6 |
||
|
PEP9255 |
Desain Analisis Data Kualitatif |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|
||
|
PEP9256 |
Computer Based Assessment |
2 |
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|
||
|
PEP9257 |
Analisis Multi Level |
2 |
2 |
0 |
|
|
2 |
|
|
||
|
PEP9214 |
Pemrograman Komputer |
2 |
1 |
1 |
2 |
|
|
|
|
||
V. MATA KULIAH KEMAMPUAN KEAHLIAN TAMBAHAN**) |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
VI. MATA KULIAH MATRIKULASI |
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
PEP8202 |
Statistika ***) |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
||
|
PEP9263 |
Psikologi Pendidikan ****) |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
||
|
PEP8208 |
Statistika Nonparametrik ***) |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
|
||
|
PEP8206 |
Konstruksi Instrumen *****) |
2 |
1 |
1 |
|
2 |
|
|
|
||
|
PEP8204 |
Teori Tes *****) |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|
|
||
|
PEP8205 |
Evaluasi Program Pendidikan *****) |
|
|
|
2 |
|
|
|
|
||
JUMLAH SKS YANG WAJIB DIAMBIL |
|
|
|
13 |
13 |
12 |
12 |
50 |
Keterangan:
*) Mahasiswa program Doktor wajib memilih 6 sks dari 20 sks yang tersedia
**) Mata kuliah bebas yang di ambil pada program studi lain (lintas program studi) 0-4 sks.
***) Wajib bagi S2 non Matematika dan Statistika di smester antara
****) Wajib bagi S2 non Pendidikan dilaksanakan di semester antara
*****) Wajib bagi S2 non PEP
PERPUSTAKAAN
SISTEM INFORMASI
KONTAK KAMI
SEKOLAH PASCASARJANA
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326
Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Website : http://sps.uny.ac.id
FB: pascasarjana UNY
IG: spsuny_official, s2pep_uny
Twitter: OfficialUNY
Copyright © 2025,