Kurikulum S3

.

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

 

 

a. Visi

Pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dalam penerapan dan pengembangan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan di tingkat Asia Tenggara, sesuai dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

b. Misi

  1. Menyelenggarakan program studi Doktor (S-3) dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan;
  2. Menyelenggarakan pelatihan dalam bidang metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan;
  3. Melakukan penelitian, pengkajian, dan penerapan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan;
  4. Mengembangkan metodologi asesmen, evaluasi, dan penelitian pendidikan untuk keperluan khusus.

 

c. Profil Lulusan

Dosen, widyaiswara, guru, peneliti, evaluator bidang pendidikan, konsultan penelitian dan analisis data, surveyer, praktisi pendidikan, ahli penelitian, dan pengamat penilaian pendidikan.

 

d. Capaian Pembelajaran

 

1) Sikap

  1. Bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa dengan menunjukkan sikap religius;
  2. Menampilkan sikap sosial dalam melaksanakan tugas dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Menunjukkan sikap bangga dan  cinta  tanah  air, serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Mampu bekerja sama dengan sesama teman sejawat dan profesi lain;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam melaksanakan tugas;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kebersamaan, dan kewirausahaan;
  11. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tempat tugasnya;
  12. Memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi diri secara berkelanjutan;
  13. Memberdayakan sumber daya manusia yang relevan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan;
  14. Menjunjung tinggi etika profesi sebagai peneliti dan pengevaluasi pendidikan.

 

2) Pengetahuan

  1. Memiliki pengetahuan dasar tentang filsafat pendidikan yang berbasis pada kultur Indonesia;
  2. Memiliki pengetahuan statistik dan penerapannya untuk pengembangan metodologi penelitian dan evaluasi pendidikan;
  3. Memiliki pengetahuan tentang penilaian pendidikan dan penerapannya untuk pengembangan sistem penilaian pendidikan;
  4. Memiliki pengetahuan statistik dan penilaian pendidikan untuk pengembangan instrumen penelitian pendidikan;
  5. Memiliki pengetahuan evaluasi pendidikan dan penerapannya untuk mengembangkan model evaluasi pendidikan;
  6. Memiliki pengetahuan untuk menganalisis, merancang, dan mengembangkan instrumen tes dan non-tes;
  7. Memiliki pengetahuan untuk merancang model penilaian pendidikan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

 

3) Keterampilan Khusus

  1. Mengembangkan metodologi penelitian untuk keperluan khusus;
  2. Mengembangkan sistem penilaian untuk keperluan khusus;
  3. Mengembangkan instrumen penilaian, penelitian, dan evaluasi untuk keperluan khusus;
  4. Menganalisis berbagai bentuk instrumen tes dan non-tes;
  5. Melakukan penilaian, penelitian, dan evaluasi pendidikan;
  6. Menggunakan berbagasi macam software untuk analisis data dan analisis butir;
  7. Merancang pelatihan metodologi penelitian dan evaluasi serta sistem penilaian pendidikan;
  8. Mengembangkan perangkat atau aplikasi komputer untuk keperluan penilaian, penelitian, dan evaluasi pendidikan.

 

4) Keterampilan Umum

  1. Mengembangkan pengetahuan dan metodologi baru yang terkait dengan bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP);
  2. Memecahkan permasalahan sains dan teknologi di bidang keilmuan PEP melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner;
  3. Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan di bidang PEP yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional;
  4. Mengajukan proposal penelitian dan evaluasi pendidikan pada tingkat internasional;
  5. Mendesiminasikan dan mempublikasikan karya ilmiahnya pada level nasional terakreditasi dan internasional terindeks;
  6. Membangun jaringan kerjasama dengan alumni, asosiasi profesi, dan masyarakat yang relevan.

 

d. Struktur Kurikulum

 

                No.

 

KODE

 

NAMA MATA KULIAH

SKS

SEMESTER

JUMLAH SKS

jml

T

P

1

2

3

4

 

I.  MATA KULIAH PONDASI KEILMUAN

 

 

 

 

 

 

 

 
  1.  

PPS9201

Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

2

2

0

2

 

 

 

 
  1.  

PPS9302

Metodologi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

3

3

0

3

 

 

 

7

  1.  

PPS9208

Statistik Multivariat  

2

2

0

2

 

 

 

 

II.  MATA KULIAH KEAHLIAN PROGRAM STUDI

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

PEP9206

Teori Statistika dan Sampling

2

2

0

2

 

 

 

 
 
  1.  

PEP9207

Penulisan Artikel Jurnal

2

1

1

 

2

 

 

 

  1.  

PEP9209

Model Penelitian Kualitatif

2

2

0

 

2

 

 

 
     7.

PEP9210

Teori Pengukuran dan Evaluasi

2

2

0

2

 

 

 

 

29

  1.  

PEP9313

Model Persamaan Struktural

3

2

1

 

3

 

 

 
  1.  

PEP9215

Teknik Analisis Data

2

1

1

 

 

2

 

 

  1.  

PEP9201

Penulisan Proposal Disertasi

2

0

2

 

 

2

 

 
  1.  

PEP9216

Seminar Proposal Disertasi

2

1

1

 

 

2

 

 
  1.  

PEP9904

Disertasi

12

0

12

 

 

 

12

 
 

III. MATA KULIAH PILIHAN KONSENTRASI 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A. Pengukuran dan Pengujian

 

 

 

 

  

 

 

 

 

8

  1.  

PEP9212

Metode Penskalaan

2

2

0

 

2

 

 

  1.  

PEP9222

Teori Respons Butir Lanjut

2

2

0

 

2

 

 

  1.  

PEP9223

Seminar Pengukuran dan Pengujian

2

2

0

 

 

2

 

  1.  

PEP9224

Praktek Pengukuran dan Pengujian 

2

0

2

 

 

2

 

 

B.  Metodologi Evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

PEP9231

Evaluasi Program  Lanjut 

2

2

0

 

2

 

 

 

 

8

  1.  

PEP9232

Analisis dan Evaluasi Kebijakan

2

2

0

 

2

 

 

  1.  

PEP9234

Seminar Isue Metodologi Evaluasi   

2

2

0

 

 

2

 

  1.  

PEP9233

Praktek Evaluasi   

2

0

2

 

 

2

 

 

  C.  Metodologi Penelitian  

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

PEP9241

Penelitian dan Pengembangan

2

2

0

 

2

 

 

 

8

  1.  

PEP9242

Penelitian Kebijakan

2

2

0

 

2

 

 

  1.  

PEP9244

Seminar Isu Metodologi Penelitian

2

2

0

 

 

2

 

  1.  

PEP9243

Praktek Penelitian   

2

0

2

 

 

2

 

IV. MATA KULIAH PILIHAN BEBAS*)

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

PEP9218

Program R  

2

1

1

 

2

 

 

 

 

 

  1.  

PEP9251

Penilaian Kelas

2

2

0

2

 

 

 

  1.  

PEP9252

Instrumen Nonkognitif

2

2

0

 

 

2

 

  1.  

PEP9253

Meta Analisis

2

2

0

 

2

 

 

  1.  

PEP8215

Mata Kuliah Bidang Studi

2

2

0

2

 

 

 

  1.  

PEP9254

Desain Penelitian Noneksperimen

2

2

0

 

2

 

 

6

  1.  

PEP9255

Desain Analisis Data Kualitatif

2

2

0

 

 

2

 

 

  1.  

PEP9256

Computer Based Assessment

2

1

1

 

 

2

 

 

  1.  

PEP9257

Analisis Multi Level

2

2

0

 

 

2

 

 

  1.  

PEP9214

Pemrograman Komputer

2

1

1

2

 

 

 

 

V. MATA KULIAH KEMAMPUAN KEAHLIAN TAMBAHAN**)

 

 

 

 

 

 

 

 

VI. MATA KULIAH MATRIKULASI

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

PEP8202

Statistika  ***)

2

2

0

2

  

 

 

 

  1.  

PEP9263

Psikologi Pendidikan ****)

2

2

0

 

2

 

 

 

  1.  

PEP8208

Statistika Nonparametrik ***)

2

2

0

 

2

 

 

 

  1.  

PEP8206

Konstruksi Instrumen *****)

2

1

1

 

2

 

 

 

  1.  

PEP8204

Teori Tes *****)

2

2

0

2

 

 

 

 

  1.  

PEP8205

Evaluasi Program Pendidikan *****)

 

 

 

2

 

 

 

 

JUMLAH SKS YANG WAJIB DIAMBIL

 

 

 

13

13

12

12

50

Keterangan:

*)         Mahasiswa program Doktor wajib memilih 6 sks dari 20 sks yang tersedia

**)       Mata kuliah bebas yang di ambil pada program studi lain (lintas program studi) 0-4 sks.        

***)      Wajib bagi S2 non Matematika dan Statistika di smester antara

****)    Wajib bagi S2 non Pendidikan dilaksanakan di semester antara

*****)   Wajib bagi S2 non PEP

Undefined