MBKM TEORI RESPON BUTIR (IRT) 2022

 (Sabtu, 11/06) Satu lagi Pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) dengan mata kuliah Penilaian Kelas sukses dilaksanakan pada Sabtu (11/06/2022) telah sukses dilaksanakan. Universitas mitra yang ikut bergabung dalam kegiatan Pelaksanaan MBKM ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Korprodi S2 PEP UNY Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si., selaku salah satu narasumber dalam kegiatan MBKM sudah menjadi narasumber 3 hari berturut turut dalam kegiatan MBKM ini. Sedangkan narasumber yang ke 2 merupakan Dr. I Gede Ratnaya, S.T., M.Pd., dari Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).

Tema Mata Kuliah pada kegiatan MBKM ini adalah Teori Respon Butir yang mana prof Edi selaku narasumber ke 1 memaparkan materi pembuka dan kemudian akan diteruskan oleh  Dr. I Gede selaku narasumber ke 2, pada kegiatan MBKM ini, Prof Edi berfokus pada aplikasi-aplikasi Teori Respons Butir (IRT) apa saja yang dapat menganalisis hasil belajar pembelajaran, pada pertemuan ini Prof Edi memaparkan teori tentang kemampuan peserta didik diikuti dengan praktik dan analisis estimasi kemampuan dengan metode Maximum likelihood, aplikasi program Bilog dan Parscale.

Tidak sampai disitu narasumber ke 2 Dr. I Gede memberikan paparan yang cukup penting yaitu Pemodelan IRT Politomus (Graded Response Model), materi materi lain terkait Pemodelan IRT Politomus (Graded Response Model) antara lain : (1) Pemodelan Data IRT (2) Penggunaan GRM (3) Pengertian Graded Response Model (4) Fungsi Pengoperasi GRM dan (5) Fungsi kategori pengoperasi GRM . Selain memberikan pemaparan Dr. I Gede  juga memberikan praktik menggunakan Program R dan menjelaskan analisis output dari program tersebut.

Teori respon item (IRT) adalah paradigma psikometrik yang dominan untuk membangun, menilai dan menganalisis penilaian. Hampir semua penilaian skala besar menggunakan IRT karena keuntungannya yang terdokumentasi dengan baik. Namun, dalam banyak kasus, ini disebut sebagai cara tunggal untuk menganalisis data. Tapi, IRT sebenarnya adalah keluarga model yang berkembang pesat. Teori responsi butir merupakan alternatif pilihan yang bertujuan melepaskan diri dari ketergantungan tes yang diberikan dengan sampel peserta tes. Dalam hal ini walaupun soal-soal tersebut dikerjakan oleh siswa yang pandai atau siswa yang kurang pandai, indikasi tingkat kesukaran suatu soal tetap tidak berubah.

Model  penskoran Dikotomus adalah model   penilaian   untuk   item   multiple choice  biasanya menggunakan jawaban berupa jawaban benar diberi skor 1  dan  jawaban  salah  diberi  skor  0. Model polytomous adalah untuk item yang memiliki lebih dari dua kemungkinan skor. Contoh yang paling umum adalah item tipe Likert (Nilai pada skala 1 hingga 5) dan item kredit parsial (skor pada Esai mungkin 0 hingga 5 poin). Model IRT biasanya mengasumsikan bahwa skor item adalah bilangan bulat.

Indonesian