MBKM KONSTRUKSI INSTRUMEN 2022

 (Kamis, 09/06) Pascasarjana UNY melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) pada kamis (09/06/2022). Pelaksanaan MBKM ini dilakukan secara daring melalui platform zoom. Prodi S2 PEP PPs UNY mengadakan Kegiatan MBKM dengan universitas mitra nya yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) dan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka). Kegiatan dibuka dengan penyampaian materi pertama tentang materi analisis instrumen berdasar teori tes klasik dan modern, dan dilanjutkan dengan materi tentang analisis menggunakan Many-Facet Rasch Measurement (MFRM). Kegiatan ini menghadirkan 2 Narasumber yaitu Korprodi S2 PEP UNY Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si. dan Sugiarto, Ph.D. dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) , peserta MBKM yang terdiri dari Mahasiswa mengikuti kegiatan secara daring. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Peserta mempelajari cara-cara bagaimana menggunakan aplikasi Parscale dan Rasch model untuk menganalisis instrumen.

Berdasarkan hasil kegiatan, dapat dikatakan bahwa kegiatan tersebut berhasil dilaksanakan, ini terbukti dengan antusias dan pemahaman mahasiswa setelah diberikan paparan oleh narasumber kepada peserta terkait cara menganalisis instrumen dengan teori tes modern atau teori respon butir. Setelah melaksanakan kegiatan, peserta diberikan pertanyaan mengenai kesediaan peserta untuk menerapkan analisis instrumen menggunakan teori tes klasik atau modern.

Setelah kegiatan ini selesai, para peserta diminta untuk memberikan pesan dan kesan selama mengikuti kegiatan MBKM ini melalui Google Forms yang kemudian dapat dirangkum sebagai berikut: (1) peserta pelatihan merasa bahwa materi pelatihan yang diberikan dari awal hingga akhir termasuk lengkap dan sangat baru bagi saya, (2) narasumber memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menjelaskan dan melatih, kualitas layanan kegiatan pelatihan baik, kecukupan waktu dalam pelatihan baik. 
 

Indonesian