MBKM PENILAIAN KELAS 2022

(Jum'at, 10/06) Pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) dengan mata kuliah Penilaian Kelas sukses dilaksanakan pada jumat (10/06/2022). Adapun universitas mitra yang ikut dalam kegiatan Pelaksanaan MBKM ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka). Pada kegiatan MBKM ini Korprodi S2 PEP UNY Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si. selaku menjadi satu satunya narasumber pada kegiatan MBKM ini. Pemaparan materi yang diberikan oleh prof Edi merupakan tentang “Penilaian (Psikomotor) Keterampilan”. Narasumber mengawali dengan menjelaskan jika Seorang guru itu dituntut untuk menguasai kemampuan memberikan penilaian kepada peserta didiknya.

Kemampuan ini adalah kemampuan terpenting dalam evaluasi pembelajaran. Dari penilaian itulah seorang guru dapat mengetahui kemampuan yang telah dikuasai oleh para peserta didiknya. Salah satu penilaian yang dilakukan oleh guru adalah penilaian psikomotor.  Tidak sampai disitu Prof Edi juga memberikan materi-materi lain terkait penilain psikomotor antara lain : (1) Penilaian Keterampilan (2) Penilaian Unjuk Kerja (3) Penilaian Proyek (4) Penilaian Produk dan (5) Penilaian portofolio. Selain memberikan pemaparan, Prof Edi juga memberikan saran kepada beberapa mahasiswa yang ingin mengembangkan instrumen penilaian agar dapat tercerahkan dalam membuat penelitian dengan topik pengembangan instrumen penilaian psikomotor.

Penilaian psikomotor siswa adalah tes yang melihat perilaku secara langsung. Penilaian ini juga bisa disebut sebagai Performance Assessment dengan meminta siswa mendemonstrasikan atau mempraktikkan langsung pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan konteks pelajaran dan kriterianya. Dalam pengembangannya mata pelajaran yang berkaitan dengan psikomotor adalah mata pelajaran yang lebih berorientasi pada gerakan dan menekankan pada reaksi–reaksi fisik dan keterampilan tangan. Keterampilan itu sendiri menunjukkan tingkat keahlian seseorang dalam suatu tugas atau sekumpulan tugas tertentu.

Indonesian