Kuliah Umum Pengembangan Instrumen Non Kognitif Bersama Prof. Dr. Saifudin Azwar, M.A.

Jumat, 14 September 2018 jam 08.00 bertempat di aula gedung pasca sarjana UNY, seluruh mahasiswa program studi Penelitian Evaluasi dan Pendidikan (PEP) mengikuti perkuliahan umum yang diselenggarakan oleh program studi PEP. Kegiatan ini menyedot antusiasme mahasiswa PEP, dikarenakan narasumber perkuliahan pagi itu sangatlah familiar bagi mahasiswa PEP, yaitu Prof. Dr. Saifudin Azwar, M.A..

Prof. Dr. Saifudin Azwar, M.A. merupakan seorang dosen profesional dan tokoh ternama di bidang pengukuran yang sudah tidak diragukan lagi di Indonesia. Tidak berhenti di situ, tema perkuliahan umum pagi itu pun menambah antusiasme mahasiswa, yaitu Pengembangan Instrumen Non Kognitif.

Kegiatan perkuliahan umum dibuka oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd. selaku Kaprodi PEP UNY dan turut serta dihadiri oleh dosen-dosen PEP UNY. Prof. Dr. Saifudin Azwar, M.A. mengawali perkuliahan dengan memberikan gambaran umum terkait konsep pengukuran melalui sebuah ilustrasi sederhana, salah satunya ialah dengan menggambarkan kegiatan mengukur panjang meja. Penyampaian konsep tersebut menjadi salah satu bagian yang mampu menghidupkan suasana perkuliahan, karena peserta kuliah umum diberikan kesempatan untuk menyampaikan sudut pandangnya terkait konsep yang diilustrasikan.

Kegiatan perkuliahan dilanjutkan dengan penyampaian materi pokok tentang pengembangan instrumen non kognitif. Prof. Dr. Saifudi Azwar, M.A. menyampaikan teori umum dan gambaran praktik dalam kegiatan pengembangan instrumen non kognitif. Penyampaian materi perkuliahan diiringi dengan pemberian contoh-contoh yang sangat dekat dengan kehidupan, sehingga peserta perkuliahan umum antusias mengikuti kegiatan pagi itu hingga selesai.

Kuliah umum diiringi dengan diskusi dan bincang-bincang oleh seluruh peserta kuliah bersama Prof. Dr. Saifudi Azwar, M.A.. Setelah seluruh kegiatan selesai, kulah umum ditutup oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran. (TW)