Simulasi Praktik Evaluasi Program Bersama Dr. Siti Salina Mustakim

Selasa, 17 September 2019 porgram studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) selenggarakan perkuliahan bagi mahasiswa dengan menggandeng Dr. Siti Salina Mustakim sebagai dosen. Dr. Siti Salina Mustakim merupakan dosen Universiti Putra Malaysia (UPM) yang tidak diragukan lagi kemampuannya di bidang penelitian dan evaluasi.

Perkuliahan diselenggarakan di Gedung Unggul Pascasarjana UNY dengan diikuti oleh mahasiswa PEP semester 1. Pada kesempatan perkuliahan tersbeut, disampaikan tentang prosedur dalam melakukan evaluasi. Dr. Siti Salina Mustakim menggambarkan kerangka besar dalam mengevaluasi program. Evaluasi program harus dilakukan di atas suatu program. Selain itu, evaluator harus memperhatikan model evaluasi yang akan digunakan untuk mengevaluasi program tersebut.

Dr. Siti Salina Mustakim mematangkan materi perkuliahan siang itu dengan memberikan penjelasan terkait langkah-langkah dalam melakukan evaluasi. Terdapat 6 langkah dalam melakukan evaluasi program, yaitu: (1) engage stakeholders, (2) describe the program, (3) focus the evaluation design, (4) gather credible evidence, (5) justify conclusion, (6) ensure use and share lessons learned.

Perkulihan dilanjutkan dengan presentasi tugas mahasiswa yang telah diberikan minggu lalu. Mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok sebelumnya, kemudian pada kesempatan perkuliahan siang ini dipersilakan untuk mempresentasikan tugas masing-masing kelompok. Mahasiswa mempresentasikan simulasi evaluasi suatu program dengan menggunakan model evaluasi yang sudah dibagi sebelumnya. 

Indonesian